Kamis, 06 Juni 2013

Pensiun, Darmono Luncurkan Buku Seponering

INILAH.COM, Jakarta - Beragam cara untuk berpamitan menjelang purna tugas seorang pejabat negara. Salah satu yang ditempuh oleh Wakil Jaksa Agung, Darmono yang akan pensiun akhir bulan ini adalah dengan cara meluncurkan biografi Perjalanan Hidup Seorang Jaksa dari Lereng Merapi, Darmono dan buku Penyampingan Perkara Pidana (Seponering) dalam Penegakan Hukum di Sahid Hotel, Jakarta, Kamis (6/6/2013).

Dalam peluncuran buku itu tampak hadir, di antaranya Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, Rektor Universitas Paramdina Anies Baswedan, Jaksa Agung Basrief Arief, sejumlah anggota Komisi III DPR.

Dalam sambutannya Darmono mengatakan, dua buku yang diluncurkannya tersebut meruapakan prinsip perjalanan hidupanya dan dokumen tertulis yang diharapkan dapat bermanfaat bagi anak dan cucunya di kemudian hari.

Pria kelahiran Kampung Tiyeng, Desa Ngemplak Seneng, Kecamatan Manisrenggo, Kabupaten Klaten itu merasa terenyuh atau terharu dapat menyelesaikan tugas selama 35 tahun di kejaksaan.

Darmono dalam kesempatan tersebut juga berpamitan mengakhiri masa tugasnya di Kejaksaan Agung akhir bulan ini.

Dia menyampaikan maaf apabila dalam menjalankan tugasnya ada kekeliruan dan menyampaikan terimaksih kepada semua pihak yang telah mendukungnya menjalankan tugas sebagai jaksa.

Darmono menegaskan, pensiun dan mati merupakan dua hal yang sama, dia mana keduanya sama-sama pasti terjadi. "Yang membedakan, kematian datangnya waktunya tidak tentu sedangkan pensiun waktunya sudah ditentukan."

Dalam sambutannya, Djoko Suyanto mengungkapkan, banyak pejabat tinggi menjelang pensiun menjadi galau karena merasa belum siap, merasa paling mampu dan merasa tidak ada orang yang mampu menggantikannya. "Banyak yang galau atau istilahnya post power syndrom. Tapi, Pak Dar (Darmono)sudah siap untuk berbagi dengan adik-adiknya di lingkungan kejaksaan," ujar Djoko. [ton]

07 Jun, 2013


-
Source: http://nasional.inilah.com/read/detail/1997027/pensiun-darmono-luncurkan-buku-seponering
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar