Kamis, 06 Juni 2013

IHSG Melemah, Pelaku Pasar Bisa Akumulasi Saham

INILAH.COM, Jakarta – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali bergerak volatile pada Rabu (5/6/2013). Sentimen eksternal dan dalam negeri turut mempengaruhi pergerakan IHSG.


Pengamat pasar modal, John Veter menilai, IHSG yang melemah menjelang libur merupakan koreksi wajar. Sentimen regional terutama dari bursa saham Jepang sangat besar pengaruhnya terhadap pergerakan IHSG menjelang liburan. Lalu sektor saham apa saja yang dapat dicermati pada akhir pekan ini. Ingin tahu? Berikut petikan wawancara INILAH.COM dengan pengamat pasar modal John Veter:


1.Menurut Anda bagaimana pergerakan IHSG yang cenderung melemah?
IHSG melemah didorong dari sentimen regional terutama Nikkei yang cukup volatile. Apalagi Nikkei telah naik tajam sehingga pelaku pasar agak gugup. Namun IHSG mengalami koreksi minor. Ini kesempatan untuk beli saham di sektor perbankan dan semen.

2. Apakah investor asing yang terus melakukan aksi jual dalam tiga hari ini juga mempengaruhi IHSG yang cenderung melemah?
Iya pasti ada pengaruh. Kalau kita lihat asing terus melakukan aksi beli mencapai Rp20 triliun dari sejak Januari 2013 hingga kini. Investor asing hanya keluar sementara saja karena ingin merealisasikan keuntungan.

3. Sektor saham apa saja yang dapat dicermati?
Sektor saham perbankan dan semen cukup menarik. Kedua sektor saham ini sudah jatuh cukup dalam. Sektor saham ini cenderung mengikuti pergerakan IHSG. Coba lihat saham BMRI yang telah naik tajam jadi Rp10 ribu, dan kalau sudah koreksi maka waktunya beli saham ini.

4. Saham-saham apa saja yang menjadi pilihan dari dua sektor saham ini?Kenapa?
Kalau sektor perbankan maka saham PT Bank Rakyat Indonesia Tbk dan PT Bank Mandiri Tbk dapat jadi pilihan. Sektor semen maka saham PT Indocement Tunggal Perkasa Tbk (INTP) dan PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) jadi pilihan. Perusahaan-perusahaan itu mengalami pertumbuhan yang bagus, laba bersih naik, dan ROE sekitar 20%.

5. Apa rekomendasi strategi untuk saham tersebut?
Saya merekomendasikan buy.

6. Bagaimana dampak penaikan harga BBM terhadap dua sektor saham ini?
Saat ini belum bisa nilai dampaknya karena hingga kini belum jelas juga kenaikan harga BBM. Tetapi diharapkan baik untuk pertumbuhan ekonomi karena infrastruktur akan digenjot dari pemotongan subsidi itu.

7. Lalu bagaimana prediksi IHSG ke depan?
IHSG masih cenderung volatile dengan kisaran 4.850-5.150.

07 Jun, 2013


-
Source: http://pasarmodal.inilah.com/read/detail/1996775/ihsg-melemah-pelaku-pasar-bisa-akumulasi-saham
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar