Rabu, 05 Juni 2013

Penyelidikan Kecelakaan Freeport oleh ESDM Selesai

INILAH.COM, Jakarta - Vice President, Corporate Communications, Daisy Primayanti mengatakan penyelidikan awal terhadap kasus kecelakaan yang terjadi di tambang Freeport pada 23 Mei 2013 lalu telah selesai. Dan dari hasil pemeriksaan internal menyebutkan fasilitas utama di tambang bawah tanah secara umum dinyatakan aman untu digunakan.

"ESDM pun telah memberikan beberapa rekomendasi yang juga sedang dan sudah ditindaklanjuti oleh perusahaan. Ada beberapa fasilitas yang perlu ditutup sementara untuk pemeriksaan lebih lanjut," ujarnya.

Pascakecelakaan tambang di area Tambang Bawah Tanah Big Gossan, tim inspeksi internal PT Freeport Indonesia (PTFI) mulai tanggal 16 Mei 2013 telah melakukan pemeriksaan secara seksama. Pemeriksaan yang dilakukan tidak hanya secara visual, tetapi juga menggunakan peralatan yang ada seperti GPR (ground penetration radar), seismic dan survey prisma dilakukan terhadap Fasilitas Permanen, area Produksi, area services dan terowongan development aktif di daerah pengembangan DMLZ dan Grasberg Block Cave (GBC).

Menurutnya, prioritas utama inspeksi dilakukan terhadap fasilitas permanen yang berada di tambang bawah tanah dan setiap area yang memiliki jumlah pengumpulan karyawan yang tinggi seperti ruang makan, tempat ibadah, perkantoran, perbengkelan, pergudangan, lokasi penambangan serta jalan masuk utama.

"Untuk memastikan semua fasilitas di tambang bawah tanah dalam kondisi stabil, memiliki penyangga yang baik agar dapat memberikan kenyamanan pada karyawan untuk melakukan aktivitas kerjanya kembali dengan aman dan selamat," tambahnya. [ANT]

06 Jun, 2013


-
Source: http://nasional.inilah.com/read/detail/1996858/penyelidikan-kecelakaan-freeport-oleh-esdm-selesai
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar