Rabu, 05 Juni 2013

Gong, Kampanye Pilwalkot Resmi Digelar

INILAH, Bandung - Kampanye Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Bandung 2013 resmi dimulai hari ini, Kamis (6/6/2013).

Awal kampanye dimulai dengan pembacaan naskah visi misi delapan pasang kandidat di hadapan DPRD Kota Bandung di Gedung DPRD Kota Bandung Jalan Aceh.
Seluruh kandidat hadir didukung para pendukung masing-masing. Rencananya, usai pembacaan naskah visi misi, para kandidat akan mengikuti ikrar kampanye damai di Hotel Grand Preanger Jalan Merdeka Kota Bandung.
Kampanye akan berlangsung selama 13 hari kedepan. Mereka akan mengobral program dan janji ke masyarakat yang berada di delapan zona yang telah ditentukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung.
Ketua Pokja Pencalonan KPU Kota Bandung Rifky Alimubarok menyatakan, kandidat akan melakukan kampanye pertama di zona yang sesuai dengan nomor urutnya. "Jadi sesuai nomor urut. Nomor urut 1 akan kampanye di zona 1, nomor urut 2 di zona nomor 2, dan seterusnya," kata Rifky kepada wartawan.
Dalam masa kampanye itu, lanjut Rifky, masing-masing pasangan calon akan diberikan 13 kali kesempatan kampanye tertutup dan satu kali kampanye terbuka. Untuk kampanye tertutup, KPU membatasi jumlah peserta yang hadir, yakni maksimal 1.000 orang.
Sedangkan untuk kampanye terbuka, KPU hanya menetapkan Lapangan Tegalega sebagai lokasi yang bisa digunakan. "Biasanya, dalam kampanye terbuka akan diisi pesta rakyat, seperti hiburan musik. Untuk kampanye terbuka, kami tidak membatasi jumlah peserta yang hadir," ucapnya.
Kendati begitu, kata dia, waktu pelaksanaan kampanye terbuka dibatasi hingga pukul 18.00. Masih dikatakan Rifky, pelaksanaan kampanye akan dihentikan sementara, yakni pada 13 Juni mendatang.
Penghentian itu dikarenakan pada tanggal tersebut akan dilakukan pelantikan Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Barat periode 2013-2018, di Gedung Merdeka, Kota Bandung. "Kami menghentikan sementara, karena demi alasan keamanan," ucapnya.
Selanjutnya, KPU akan menggelar tiga kali debat kandidat, yakni pada 12, 15, dan 17 Juni mendatang. Menurut rencana, tiga kali debat itu pun akan disiarkan oleh tiga stasiun televisi.
"Kami sudah menyepakati dengan pihak stasiun televisi untuk menyiarkan debat kandidat. Tempatnya pun sudah ditentukan, yakni di Gedung Pos, Hotel Panghegar, dan Hotel Horison," paparnya.

06 Jun, 2013


-
Source: http://www.inilahkoran.com/read/detail/1996877/gong-kampanye-pilwalkot-resmi-digelar
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar