Sabtu, 11 Desember 2010

Seleksi CPNS Jateng, Apa Kabarmu...?

"Pegawai Negeri" satu kata dengan berjuta asa bagi pribadi yang ingin menyandang predikat keberadaanya. Walaupun harus rela "berpayah-payah" mengikuti proses pendaftaran hingga seleksi bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), mereka rela demi seuntai mimpi yang menjanjikan.

Demikian juga dengan Kodia Semarang, sebagai tempat atau domisili Penulis, pada hari Minggu, 12-12 -2010 telah menyelenggaran kegiatan seleksi bagi CPNS tersebut ( berharap jangan diartikan "sesuatu" tentang tanggal pelaksanaannya). Bahkan penulis diberikan "kehormatan" sebagaai salah satu pengawasnya. 
Berharap, berjuang sungguh, pengerahan segala potensi diri adalah sebagian nuansa emosional yang sempat mewarnai sekaligus penulis rasakan sebagai seorang "pengawas" di sana.


Inilah calon-calon "Pangembating Projo'" berkilas satu ungkapan dalam benak penulis. Namun sambil menemani sesaat para calon PNS ini, sempat terlintas tentang hasil wawancara seorang jurnalis dengan Bapak Gubernur Jateng , "Ada beberapa Kabupaten yang tidak meng-Induk Pemprov. Jateng dalam pelaksanaan seleksi CPNS kali ini", kata beliau. Bahkan lebih jauh masih kata beliau sudah ada upaya untuk meng-komunikasikan hal ini dengan "Pusat", namun tidak mendapatkan respon.

Sebagai seorang warga yang hanya bisa "sendiko dhawuh", penulis jadi merasa "miris" , lhah... kalo yang "kawogan" saja, tidak ada saling kejelasan begini, bagaimana dengan para pegawai yang dihasilkan dari kegiatan ini. Paling tidak terpenuhikah kriteria-kriteria "ideal" yang diharapkan muncul dari seorang pegawai ?
Belum lagi dengan beredarnya Isyu dari beberapa Media yang mensinyalir dalam pelaksanaannya Tes CPNS kali ini rawan akan praktek "Perjokian", juga praktek-praktek oknum yang memanfaatkan kesempatan ini untuk ikut menangguk keuntungan pribadi dengan mengobral janji-janji manisnya, repot wis..... .

Namun demikian sempat juga muncul asa dari penulis, toh bukan tidak mungkin ada diantara para calon yang masih mempunyai komitmen pribadi yang baik..., semoga Allah SWT "memilihkan" diantara para calon pegawai tersebut pribadi-pribadi yang Amanah, sehingga ke depan mereka mampu menunjukkan serta memberikan pengabdian yang terbaik.... Semoga. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar